7VB

 

 

Logo Artikel

53 MUSHALLA ITU BERNAMA QNURUL QADHAQ

Prog Pri 2022 Badilag

Maklumat Pelayanan2

Lapor Badilag

Area1 Area2 Area3

ZI

Area4 Area5 Area6

Jadwal Sidang Hari Ini

Mushalla itu bernama "Nurul Qadha"

Mushalla itu bernama "Nurul Qadha"

"Semoga mushalla ini bisa benar-benar bermanfaat untuk ibadah dan menjadi cahaya bagi warga peradilan, para pencari keadilan dan masyarakat", demikian ucapan dan pengharapan Bapak Ketua Pengadilan Agama Muara Tebo Drs. Azwar, SH, MEI pada cara peletakan batu pertama pembangunan Mushalla Pengadilan Agama Muara Tebo.

Peletakan batu pertama tersebut dilakukan pada tanggal 15 Januari 2010, dihadiri seluruh hakim dan karyawan Pengadilan Agama Muara Tebo. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Zakaria Ansori, SHI, MH.

Keinginan untuk membangun mushalla di Pengadilan Agama Muara Tebo sebenarnya sudah lama ada, namun karena berbagai kendala baru terlaksana pada awal tahun 2010. Keinginan tersebut mengingat warga Pengadilan Agama Muara Tebo yang semua beragama Islam dan sudah tentu ingin melaksanakan shalat, khususnya shalat Zhuhur dan Ashar secara berjamaah, namun selama ini hanya bisa dilakukan di ruang-ruang tertentu sepert ruang DYK, ruang mediasi atau bahkan ruang sidang jika tidak ada sidang.

Untuk selanjutnya mushalla yang belum ada nama tersebut dimusyawarahkan untuk diberikan nama. Ada beberapa alternatif nama mushalla yang diusulkan oleh para peserta musyawarah, yang semuanya baik dan memiliki nila filosofis, yaitu:

  1. Umar bin Khattab (??? ??? ??????), seorang khalifah yang dianggap tokoh peradilan dalam sejarah Islam dan diakui baik oleh umat muslim atau nonmuslim, dengan keadilannya menghukum anaknya sendiri. Bahkan surat yang dikirimnya kepada Abu Musa al-Asy’ari sebagai hakim di Basrah (Risalatul Qadha) sampai hari ini jadi rujukan sejarah tentang hukum acara dan etika peradilan.
  2. Al-Manar (??????), yang berarti tempat bersinar, sumber terpancar cahaya. Merupakan salah satu nama yang menjadi inspirasi Syekh Muhammad Abduh dan Syekh Muhammad Rasyid Ridha untuk menamakan majalahnya yang terbit pada awal abad 20 di Mesir, al-Manar akhirnya dipilih juga untuk nama kitab tafsir yang beliau karang, yakni Tafsir al-Manar.
  3. Nurul Qadha (??? ??????) yang berarti cahaya peradilan, dengan harapan masjid ini bisa menjadi sumber cahaya bagi warga peradilan. Walau badan bekerja di kantor, tapi hati selalu terpaut dengan masjid, sehingga ibadah mahdah yang dilakukan di dalam masjid bisa menghantar untuk dilakukannya ibadah ghairu mahdah yang juga bernilai pahala di sisi Allah SWT.
  4. Baitul Muqsith (??? ??????), Al-Muqsith, Salah satu nama Allah dalam asma’ul husna yang berarti Yang Maha Adil. Maha Adilnya Allah pada sifat ini yaitu keadilan yang menyenangkan semua, bisa jadi merata. Allah akan adil terhadap setiap siapaun hamba-Nya yang rajin bekerja akan tetap mendapat hasil dari kerjanya, sekalipun ia durhaka.
  5. Al-Mi'raj (???????) yang berarti "naik". Sabda Nabi Muhammad SAW “Ashshatu mi’rajul mukminin” artinya shalat itu naiknya seorang mukmin kepada Allah SWT. Itu makanya perintah shalat berbeda dengan perintah yang lain. Jika puasa, zakat dan haji cukup dengan turunnya Malaikat Jibril untuk menyampaikan wahyu, tetapi perintah shalat dengan dijemput ke hadirat Allah SWT. Peristiwa mi’raj Nabi yang hanya sekali terjadi, ternyata menjadi oleh-oleh bagi umat Islam dengan 5 kali sehari semalam mi’raj kepada Allah SWT. Secara bahasa berarti naik juga dengan harapan Pengadilan Agama Muara Tebo setiap tahun semakin naik prestasinya.
  6. Al-Mizan (???????) yang berarti "timbangan", simbol peradilan berupa neraca keadilan.
  7. Nurul Hakim (??? ??????) yang berarti Cahaya al-Hakim, al-Hakim adalah salah satu nama Allah dari 99 asmaul husna yang berarti Maha Bijaksana.
  8. Baitul al-Adalah (??? ??????), rumah keadilan.

 

Setelah mengingat dan menimbang, akhirnya musyawarah memutuskan untuk mengambil usulan nama "Nurul Qadha" menjadi nama mushalla.

Susunan pengurus mushalla ini antara lain, Pelindung Ketua Pengadilan Agama  Muara Tebo, Ketua Drs. Khoerun, sekretaris Muhammadiyah Rafiq, SThI, MHI dan Bendahara Nur Amri, SH. Selain itu ada seksi Pembangunan yang dikoordinir oleh Senen, S.Ag, seksi Pencari Dana Zakaria Ansori, SHI, MH dan pengurus lainnya.

Mushalla ini berada di atas tanah 20 X 20 meter dan bangunannya terdiri dari 9 X 9 meter. "Halaman mushalla di bagian samping kanan bersebelahan dengan tempat parkir, sedangkan halaman belakang menyatu dengan tanah lapang yang insyaallah nanti sekalian akan dijadikan lapangan volly ball" demikian disampaikan Senen, S. Ag selaku koordinator seksi pembangunan..

Saat berita ini dimuat, pembangunannya telah memasuki tahap penimbunan, pembuatan dinding dan kusen. "Insyaallah, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita buat kerangka atapnya, semua tergantung keadaan dana yang tersedia" demikian dituturkan Drs. Khoerun, Ketua Pembangunan Mushalla Nurul Qadha yang tidak lama lagi akan mutasi ke Pengadilan Agama Mungkid (Magelang). Beliau juga berharap semoga dengan kepindahan beliau ke PA Mungkid tidak mengurangi semangat teman-teman untuk terus mempercepat pembangunan mushalla.

Adapun rancangan kebutuhan pembangunan mushalla ini hingga selesai adalah sebesar Rp. 125. 000. 000,- (seratus dua puluh lima juta).

Kepada para pembaca yang budiman, diharapkan sumbangan, wakaf dan infaknya demi segera terealisasinya pembangunan mushalla yang diidam-idamkan. Janji Allah melalui Rasulnya sudah sangat jelas, sebagaimana hadits:

???? ????? ????????? ??? ?????????? ????? ????? ???? ??????? ?? ??????????

"Siapa yang membangun masjid di dunia, Allah akan bangunkan istana di surga"

 

Membangun mushalla adalah amal jariah, yaitu pahala yang terus mengalir meskipun Anda telah menghadap Allah SWT. Dengan wakaf dan infak yang anda berikan, berarti Anda telah mengambil tiket ke surga. Anda berminat mengambil tiket ke surga?    (ZA)

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 


APLIKASI PENDUKUNG

Pengaduan Simari Komdanas SIPPP

Dirput Sikep ABS LPSE

JDIH Perpustakaan  eCOURT   Hukum Online


Pasti, Berakhlak, Bangga Melayani Bangsa